Teknik Membuat Rekap Data dengan Dictionary Python

Sharing is caring!

Misalkan diberikan data CSV yang berisi data mahasiswa seperti pada tampilan berikut ini (file data dapat diunduh di sini).

Selanjutnya dari data CSV di atas, bagaimana cara membuat rekap jumlah data mahasiswa berdasarkan gendernya menggunakan Python? Untuk melakukan hal ini cukup mudah, salah satu tekniknya adalah menggunakan dictionary.

Perlu diketahui bahwa tipe data dictionary dalam Python sama seperti tipe data array asosiatif di PHP. Dalam hal ini struktur data dictionary tersusun atas key sebagai indeksnya, dan value sebagai nilai dari key tersebut.

Bagaimana ide membuat rekap data menggunakan dictionary?

Pertama adalah didefinisikan terlebih dahulu sebuah variabel bertipe dictionary, dengan isi kosong (belum ada key dan valuenya).

Selanjutnya langkah kedua adalah dengan melakukan looping untuk membaca setiap baris data. Pada setiap baris data tersebut tentukan indeks kolom yang mau dijadikan acuan rekap untuk dibaca nilainya. Dalam hal ini, sesuai contoh data mahasiswa di atas, nilai gender yang mau dibaca ada di indeks kolom ke-3 (indeks ke-2) dari setiap baris data. Nilai gender ini nanti akan dicek keberadaannya dalam dictionary. Apabila belum ada, maka nilai gender ini akan dimasukan ke dalam dictionary sebagai key baru dengan value 1. Namun, apabila sudah ada nilai gendernya maka akan dilakukan increment 1 pada key yang bersesuaian (jumlah mahasiswa pada gender tersebut akan bertambah 1). Proses ini diulang-ulang sampai dengan data terakhir.

Setelah proses looping ini selesai, akan diperoleh rekap data berdasarkan gender yang diinginkan.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan rangkaian kode berikut ini guna mengimplementasikan ide di atas.

Hasil perintah di atas akan didapatkan list sebagai berikut.

Namun, dari hasil di atas masih tampak nama-nama kolomnya, maka kita coba hilangkan nama kolom-kolom tersebut.

Setelah nama kolom tidak dipakai, akan diperoleh list seperti di bawah ini.

Dari data list di atas, langkah berikutnya barulah dilakukan proses rekap menggunakan ide di atas yaitu menggunakan dictionary.

dan… akhirnya diperoleh hasil rekap sebagai berikut